Tuesday, October 1, 2013

7 sikap yang harus dihindari dalam membangun komunikasi

7 sikap yang harus dihindari dalam membangun komunikasi


buat sahabat baber yang bingung kenapa terkadang sulit membangun komunikasi, ini baber kasih hal hal yang perlu sobat hindari >> 7 sikap yang harus dihindari saat membangun komunikasi.

1.Tidak Mendengarkan
sebagian besar orang bukanlah tipikal pendengar yang baik. ini tentu berhubungan dengan tinggi yang malah lebih ingin didengar ketimbang mendengarkan. memang kembali kepada ego dan tipe orang, semua orang ingin di dengarkan karena saat didengar mereka diperhatikan.

belajarlah mengurangi ego itu, karena sangat fatal akibatnya saat membangun komunikasi. dengarkanlah dengan baik lawan bicara anda tetapi hindari respon respon singkat seperti "ya" atau "tidak" karena dapat menurunkan mood lawan bicara dan akan menjadi awal hancurnya komunikasi anda.

2.Kehabisan topik dalam pembicaraan

dalam percakapan, tak jarang orang kehabisan topik sampai sampai mereka harus saling mendiamkan satu sama lain karena tidak ada topik yang dibicarakan.
untuk mencegah hal itu, ada saran nih.. setiap mau keluar rumah bacalah koran harian atau sekedar menonton siaran berita, jika tidak sempat dan terlanjur bertemu dengan percakapan yang buntu, hal terakhir yang bisa menjadi pilihan adalah menbicarakan hal atau kejadian di sekitar anda.

3.penyampaian yang buruk(tidak jelas)
satu hal yang penting dalam komunikasi bukanlah hal yang dibicarakan tetapi cara menyampaikan, sebagus bagus dan menariknya hal yang anda sampaikan akan menjadi sia sia ketika cara anda menyampaikannya tidak benar. seperti, terburu buru, artikulasi tidak jelas, dan tanpa jeda. hindarilah itu dan buatlah diri anda tenang serta nyaman untuk berbicara dengan lawan bicara anda.

4.menginterupsi
apa yang anda rasakan ketika anda sedang asyik berbicara, tetapi dipotong secara tidak sopan? ya, pasti anda kesal ataupun marah.
semua orang tidak ada yang suka dipotong ketika mereka bicara, maka biasakanlah meminta izin memotong pembicaraan dengan sopan sebelum memotong. contohnya, mengangkat tangan, atau mengatakan "maaf" terlebih dahulu.

5.keinginan "selalu benar" 
orang tidak akan respcect atau hormat kepada anda ketika anda selalu merasa benar, atau merasa lebih tau dari dirinya. jikalau memang anda lebih tau, tahan lah emosi anda untuk itu, dan hormatilah lawan bicara anda ketika berbicara, ingat!! ini bukan diskusi yang mencari sebenar benarnya kebenaran tapi ini komunikasi dengan lawan bicara.

6.membosankan
jangan terlalu berbicara soal kemampuan diri anda(sombong) ataupun membicarakan hal yang tidak lawan bicaramu ketahui, lihat ekspresi wajahnya, maka engkau paham apakah dia tertarik dengan topik yang kau bicarakan atau tidak!?

7.tidak merespon
respon atau jawaban adalah hal penting dalam berlangsungnya komunikasi, maka berikanlah respon yang komunikatif, jangan hanya respon singkat seperti "hmmm gitu" ataupun hanya menganggukan kepala anda.

cukup sekian artikel saya tentang 7 hal yang harus dihindari dalam membangun komunikasi. semoga bermanfaat
Share This

No comments:

Like Us

About Us

Statistik Blog






Designed By Seo Blogger Templates- Published By Baber Templates